SURVEI KEPUASAN PENGGUNA

Diposting pada

Lembaga Penjaminan Mutu Dan Pengembangan Pembelajaran (LPMPP) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa menyelenggarakan survei kepuasan pengguna dengan tujuan:

  1. Mengukur Perkembangan pelayanan yang telah dilakukan oleh unit kerja pelayanan.
  2. Mengukur kepuasan pengguna sebagai pengguna layanan.
  3. Mengetahui kelemahan atau kekuatan kualitas pelayanan dari masing – masing unit kerja pelayanan.
  4. Sebagai bahan penetapan rencana tindak lanjut perbaikan kualitas layanan.
  5. Sebagai umpan balik dalam memperbaiki kualitas layanan.

Kegiatan survei kepuasan pengguna dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, mitra kerjasama dan pengguna lulusan sebagai responden. Kuesioner diterbitkan oleh Lembaga Penjaminan Mutu Dan Pengembangan Pembelajaran Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Analisis deskriptif data hasil survey dilakukan untuk mendapatkan perspektif dari setiap aspek yang diukur. Mekanisme pengukuran survei kepuasan pengguna yaitu :

  1. Frekuensi Pengukuran: survei kepuasan pengguna dilakukan secara berkala setiap akhir tahun.
  2. Waktu Pengukuran: pengukuran dilakukan diawal bulan Desember.
  3. Mekanisme: Pengisian kuesioner dilaksanakan dengan mudah, secara online yang bisa diakses kapan saja dan dimana saja pada periode pengisian.
  4. Pembagian kuesioner kepuasan pengguna kepada dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, mitra kerjasama dan pengguna lulusan.

Data skor survei kepuasan dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, mitra kerjasama dan pengguna lulusan untuk setiap aspek kualitas layanan diolah untuk memperoleh tingkat kepuasan rata – ratanya. Berikutnya dihitung indeks kepuasan pengguna dengan menghitung grand mean (rerata dari rata – rata). Indeks kepuasan pengguna ditentukan berdasarkan rentang skor seperti yang ditunjukkan pada tabel berikut:

NO KRITERIA SKOR
1 Sangat Baik 4
2 Baik 3
3 Cukup Baik 2
4 Tidak Baik 1

Untuk melihat kriteria pencapaian responden berdasarkan sifat tertentu, maka diperlukan gambaran terhadap Indeks Tingkat Capaian Responden. Oleh karena itu dalam setiap penelitian selalu membuat “Master Scale” yaitu suatu skala pengukuran yang pada umumnya menunjukkan lima tingkatan sesuatu sifat rertentu. Untuk penggambaran suatu master scale dari berbagai sifat tersebut ditunjukkan pada tabel berikut:

NO KRITERIA SKOR
1 Sangat Baik 3.51 – 4.00
2 Baik 3.01 – 3.50
3 Cukup Baik 2.51 – 3.00
4 Tidak Baik 1.00 – 2.50

Formulir yang digunakan sebagai kuesioner dapat diakses pada link sebagai berikut :

1 Formulir Survei Kepuasan Dosen
2 Formulir Survei Kepuasan Tenaga Kependidikan
3 Formulir Survei Kepuasan Mahasiswa
4 Formulir Survei Kepuasan Mitra Kerjasama
5 Formulir Survei Kepuasan Pengguna Lulusan
6 Formulir Survei Lulusan

Laporan Survei Kepuasan dan Upaya Tindak Lanjut dapat diakses pada link sebagai berikut :

1 Laporan Survei Kepuasan dan Upaya Tindak Lanjut Tahun 2020
2 Laporan Survei Kepuasan dan Upaya Tindak Lanjut Tahun 2021
3 Laporan Survei Kepuasan dan Upaya Tindak Lanjut Tahun 2022
4 Laporan Survei Kepuasan dan Upaya Tindak Lanjut Tahun 2023